Majalah
adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel
– artikel dari berbagai penulis (Assegaff, 1983 : 127). Selain memuat artikel,
Majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review,
ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Oleh karena itu,
majalah dijadikan salah satu pusat informasi bacaan yang sering dijadikan bahan
rujukan oleh para pembaca dalam mencari sesuatu hal yang diinginkannya.
Eksistensi
majalah muncul karena kebutuhan masyarakat akan informasi beragam yang sesuai
dengan gaya hidup masyarakat saat ini. Maka tak heran banyak berbagai ragam
majalah beredar saat ini, yang
disesuaikan dengan segmentasinya. Majalah dapat dibedakan menurut pembaca pada umumnya atau kelompok pembaca
yang menjadi target pasarnya, yakni majalah dapat diklasifikasikan menurut
segmen demografis (usia atau jenis kelamin), ataupun pembedaan secara
psikografis, dan geografis atau dapat dilihat dari segi kebijakan editorialnya
(Kasali, 1992:111). Sebagai contoh untuk majalah yang terbitnya berdasarkan
keadaaan demografis, misalnya Majalah Gadis, majalah yang diperuntukkan untuk
wanita. Sedangkan majalah yang berdasarkan pengelompokan geografis (wilayah),
misalnya: majalah sekolah. Berbagai bahasan artikel informasi yang diulas dalam
majalah - majalah tersebut tentunya disesuaikan dengan karakter dan gaya bahasa
target audiencenya, begitu pula
dengan gaya pendekatan dalam hal tampilan atau desain majalahnya.
Didalam
suatu majalah terkandung banyak elemen – elemen grafis seperti gambar,
tipografi, warna, ilustrasi dan elemen lainnya yang dimana hal itu untuk
memperindah isi majalah dan untuk menarik perhatian masyarakat untuk
membacanya. Majalah juga harus memiliki konsep atau target segmentasi yang
jelas dan sesuatu hal yang berbeda dengan majalah lainnya. Agar dapat terlihat
oleh masyarakat memiliki ciri khas serta keunggulan dari majalah – majalah
pesaing.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat ini
majalah tidak hanya terbatas dijual bebas ditoko - toko atau kios - kios buku
yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk masyarakat umum, namun suatu organisasi
juga dapat menerbitkan majalahnya sendiri apabila kebutuhan informasi tentang
lingkup organisasi tersebut dirasa perlu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar